Panduan Untuk Syarat Pendaftaran Merek Dagang Di Singapura

The Intellectual Property Office of Singapore (IPOS), sebuah badan hukum di bawah Kementerian Hukum menangani pendaftaran merek dagang di negara kota tersebut. Seseorang yang ingin mendaftarkan merek dagangnya dapat mengajukan permohonan langsung ke Panitera atau mengizinkan agen merek dagang untuk bertindak atas namanya.

Untuk merek dagang yang akan didaftarkan di Singapura, harus memungkinkan untuk merepresentasikannya sebagai grafik. Tanda seperti itu bisa berupa huruf, kata, nama, tanda tangan, angka, alat, merek, tajuk, label, tiket, bentuk, warna, elemen kemasan, atau kombinasi apa pun dari ini. Undang-undang merek dagang Singapura tidak mengharuskan bukti penggunaan diajukan sebagai bagian dari proses aplikasi sebelum pendaftaran merek dagang diberikan.

Pelamar didorong untuk melakukan penelitian tentang merek dagang yang ada untuk memastikan bahwa tidak ada merek dagang yang serupa atau identik sebelumnya dalam catatan Pendaftaran Merek Dagang Singapura. Pencarian dapat dilakukan di kantor IPOS atau online di eTradeMarks.

Jika pencariannya untuk merek dagang yang identik atau serupa terbukti negatif, pemohon kemudian dapat mengajukan permohonan syarat pendaftaran merek dagangnya yang lengkap ke Daftar Merek Dagang Singapura. Dia dapat mengarsipkannya secara pribadi, melalui pos terdaftar, atau hanya mengarsipkannya melalui sistem eTradeMarks IPOS. Untuk pengarsipan manual, biaya pengajuan untuk merek dagang di bawah setiap kelas adalah S $ 340 dan untuk pengajuan online, S $ 310.

IPOS kemudian akan melakukan tinjauan administratif terhadap aplikasi merek dagang untuk memastikan bahwa itu lengkap, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Merek Dagang, dan bahwa biaya yang diperlukan telah dibayar. Setelah itu akan dikeluarkan nomor permohonan merek dan tanggal pengajuan kepada pemohon.

Jika ada alasan untuk keberatan, Register akan memberi tahu pemohon tentang koreksi yang perlu dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan ini dalam waktu yang ditentukan akan mengakibatkan aplikasi diklasifikasikan sebagai ditarik.

Langkah selanjutnya adalah Kantor Registri memasang pencarian ekstensif untuk merek dagang yang mirip atau bertentangan. Mereka juga akan meninjau nama geografis dan memastikan tanda Anda sesuai dengan klasifikasi barang dan jasa internasional. Jika tanda Anda mewakili produk farmasi, Registry akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Mereka akan memeriksa apakah merek Anda melanggar daftar INN (International Non-Proprietary Name) Organisasi Kesehatan Dunia, yang memberikan nama umum untuk produk farmasi.

Jika merek dagang Anda lolos uji konflik, Anda masih harus melewati beberapa rintangan lagi sebelum Anda bebas pulang. Tanda Anda akan dipelajari lagi untuk menilai apakah tanda itu dapat didaftarkan di bawah Hukum Merek Dagang Singapura, yang memiliki kategori di mana merek tertentu tidak diizinkan. Misalnya, merek yang tidak memiliki karakteristik pembeda tidak boleh dilayani. Jika penguji menemukan adanya keberatan, Anda akan diminta untuk melakukan koreksi dalam jangka waktu tertentu.

Setelah tanda Anda memenuhi Hukum Merek Dagang Singapura, Anda melanjutkan ke tahap terakhir, yaitu menerbitkan merek Anda untuk konsumsi publik. Anda akan diberi tahu bahwa merek Anda diterima untuk pendaftaran sebelum dipublikasikan di Jurnal Merek Dagang. Ini memberi kesempatan kepada anggota masyarakat untuk menolak jika mereka yakin desain Anda identik atau mirip dengan merek yang sudah terdaftar atau menunggu keputusan. Setiap anggota masyarakat memiliki hak untuk mengajukan keberatan dalam waktu dua bulan setelah publikasi.

Jika ada keberatan, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah. Jika resolusi sesuai dengan keinginan Anda dan dua bulan telah berlalu tanpa masalah lebih lanjut, Anda bebas mendaftarkan merek dagang Anda. Anda akan diberikan sertifikat pendaftaran dan Anda dapat menggunakan merek dagang secara bebas di perlengkapan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *